Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 dosa besar dalam agama Islam

5 dosa besar dalam agama Islam - Dosa besar (Kaba-ir) pun akan merusak iman. Dalam kitab Al-Kabir Adz-Dzahabi disebutkan bahwa dosa besar itu ada 70 macam, di antaranya: mempersekutukan Allah, membunuh orang mukmin dengan sengaja, meninggalkan shalat, durhaka kepada ibu bapak, melakukan h*mos*ks, makan riba, menjadi saksi palsu, mencuri, merampok, sumpah palsu, menganiaya manusia, menganiaya, membunuh diri, menerima suap dalam menetapkan hukum, sombong, membenarkan tukang tenung, menipu, menyakiti tetangga, berzina, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam hadits disebutkan seperti berikut:
Dosa-dosa yang paling besar ialah : musyrik kepada Allah, membunuh manusia, durhaka kepada ibu bapak, dan menjadi saksi palsu. (H.R. Bukhari dari Anas)

Sabda Nabi saw. yang artinya: "Jauhkanlah olehmu tujuh kejahatan yang membinasakan! Mereka bertanya: "Apakah tujuh kejahatan yang membinasakan itu ya Rasulullah?" Sabda Nabi: "mempersekutukan Allah, mengamalkan sihir, menghilangkan nyawa seseorang yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan harta anak yatim, melarikan diri pada hari pertempuran, dan menuduh berzina perempuan-perempuan mukminah yang suci," (H.R. Bukhari dan Muslim)

Namun dari kesekian banyak dosa besar di atas Pendidikan Islam hanya akan membahas 5 dosa besar saja. Adapun pembahasan secara lengkap silahkan kunjungi link artikel kami di bawah ini:
  1. Perbuatan membunuh
  2. Durhaka kepada orang tua
  3. Hukum berzina
  4. Hukum bunuh diri
  5. 7 kesimpulan tentang minuman yang memabukkan
Demikian penjelasan mengenai 5 dosa besar dalam Islam, semoga menjadikan kita lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah Pengembang Website berbasis WordPress, content writer, editor, dan owner di Prya Design. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.