Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang merusak iman dalam Islam

Al-Jurjani menyatakan dalam kitabnya Al-Ta'rifat, bahwa: "Iman menurut bahasa ialah membenarkan dengan hati, sedang menurut hukum syara' ialah mengi'tikadkan dengan hati dan pengakuan dengan lisan.

Kemudian Al-Jurjani menyatakan pula bahwa iman itu ada 5 macam, yaitu sebagai berikut:
  1. Iman mathbu', yaitu imannya pada malaikat.
  2. Iman maqbul, yaitu imannya orang-orang mukmin.
  3. Iman ma'shum, yaitu imannya para nabi/rasul.
  4. Iman mauquf yaitu imannya para pembuat bid'ah.
  5. Iman mardud, yaitu imannya orang-orang munafik.
Hakikat iman menurut Husain Afandi Al-Jasr dalam kitab Al-Hushul Hamidiyah ialah: "Membenarkan kerasulan Muhammad saw. dengan keyakinan yang pasti dalam hal yang dibawanya dari Allah SWT, seperti beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, Qadla dan Qadar, mengerjakan kewajiban shalat dan ibadah-ibadah lain semacam zakat, puasa, berhaji, mengharamkan membunuh jiwa, mengharamkan berzina, dan lain sebagainya.

Dalam Al Quran Surat Al-Anfaal ayat 2 dan 3 menyebutkan sebagai berikut:

2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

3. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

[594] Maksudnya: orang yang sempurna imannya.

[595] Dimaksud dengan disebut nama Allah Ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakannya.

Agar keimanan kita menjadi maqbul (dapat diterima Allah), dan agar iman kita seperti diceritakan sifat-sifatnya dalam ayat di atas, maka kita wajib menjaga keimanan kita tersebut dari hal-hal yang merusaknya. Hal-hal yang merusak iman kita ialah, antara lain: nifak (munafik), syirik (musyrik), dan dosa-dosa besar.

Adapun pembahasan selengkapnya mengenai apa saja yang merusak iman, silahkan kunjungi link-link artikel berikut ini:
  1. Penjelasan munafik
  2. Penjelasan syirik
  3. 5 dosa besar
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hal-hal yang merusak iman dalam agama Islam, semoga menambah iman kita kepada Allah SWT.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah Pengembang Website berbasis WordPress, content writer, editor, dan owner di Prya Design. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.