Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan shalat tarawih

Keutamaan shalat tarawih - Setelah kita memahami yang telah kita ulas sebelumnya tentang Jumlah rakaat shalat sunat Tarawih, selanjutnya akan dibahas apakah keutamaan shalat tarawih bagi umat muslim?

Shalat tarawih adalah shalat sunat yang paling utama dan menurut bulannya yang mulya yaitu Bulan Ramadhan, maka dianjurkan serta diserukan agar memperbanyak amalan terpuji, seperti memperbanyak shalat sunat, membaca surat Al Qur'an, membaca shalawat, dzikir, berdo'a dan mengadakan kegiatan-kegiatan terpuji lainnya seperti mengadakan pengajian, menganjurkan dan memperbanyak sodakoh, baik memberi makanan dan minuman kepada orang-orang yang puasa dan jaminan di masjid atau mushalla, karena pada bulan ramadhan pahala amal kita dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Hadits kebaikan shalat tarawih
Adapun hadist yang menerangkan kebaikan shalat sunnat tarawih banyak sekali, diantaranya sabda Rasulullah SAW, yang bunyinya sebagai berikut:

Manqaama ramadlaana iimaanan wahtisa aban ghufira lahu maataqaddama min dzambihi

Artinya: Barang siapa melaksanakan shalat pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahalanya, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (H.R. Bukhari Muslim).

Demikian juga Abu Hurairah telah menerangkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang bunyinya sebagai berikut:

Syahru ramadlaana syahruu kataballaahu alaikum shiyaamahu wasanantu lakum qiyaamahufaman shaamahu wa aqaamahu iimaanan wahtisaaban kharaja min dzunuubihi kayaumi waladathu ummuhu.

Artinya : Bulan Ramadhan bulan yang Allah mewajibkan kamu berpuasa di dalamnya. Dan aku (Rasulullah) telah mensunatkan kepadamu shalat malam (tarawih) di dalamnya, maka barang siapa berpuasa dan menegakkan malamnya (tarawih) karena iman semata kepada Allah dan mengharap pahalanya niscaya ia keluar dari dosa-dosanya laksana anak yang baru dilahirkan ibunya (Riwayat Ibnu Khuzaimah).

Baca juga: Jumlah rakaat shalat sunat Tarawih

Demikian keutamaan shalat tarawih, sehingga paling tidak kita bisa merenungkan mengapa kita shalat tarawih di bulan suci ramadhan.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah Pengembang Website berbasis WordPress, content writer, editor, dan owner di Prya Design. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.